Site icon Top Coach Indonesia

5 LANGKAH MEMOTIVASI TEAM ANDA

motivasi team

Secara garis besar, kepemimpinan merupakan salah satu hal penting yang sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Tetapi untuk menjadi seorang pemimpin yang baik tidaklah semudah yang di bayangkan. Melainkan banyak hal yang harus di pertanggungjawabkan termasuk dalam hal membuat karyawan memiliki mimpi dan tujuan dalam bekerja.

Karena tanpa adanya motivasi dari leader dan atau pemilik bisnis akan membuat karyawan cenderung menjadi tidak produktif dalam menyelesaikan tugas yang di berikan. Sederhananya, untuk menjadi pemimpin yang baik minimal selalu menjadi pendengar yang baik atau setidaknya selalu memberikan atau menunjukan energi positif dan menyenangkan agar mereka pun menjadi semangat dalam menyelesaikan apapun yang perlu di selesaikan.

Menurut Mc. Donald, motivasi ialah sebuah perubahan energi yang ada dalam diri seseorang yang ditandakan dengan adanya rasa (feeling) dan didahului dengan respon adanya sebuah tujuan. Tim adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual. Lalu pernahkan Anda merasa bingung dan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara memotivasi team? Berikut ada lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi team secara maksimal, yaitu:

1. Dengan membuat Mereka Merasa Dihargai

team solid

Siapapun Anda, jika merasa tidak di anggap memang menyakitkan apa lagi datang dari orang-orang terdekat. Maka dari itu seorang leader harus tahu bagaimana menghargai bawahannya sebab memotivasi dengan kata-kata saja belum cukup. Misalnya saja Anda selalu mengatakan ayo semangat, semangat belum tentu mereka merasa di hargai.

Tetapi jika Anda memotivasi karyawan dengan Anda Anda mengajak mereka berbicara dengan sopan dan terhormat, diberi tempat yang layak, di beri informasi tentang peraturan perusahaan yang transparan. Mereka akan merasa di hormati ada nilai yang kita berikan kepada karyawan tersebut sehingga karyawan merasa dirinya berharga. Sesederhana itu saja mereka akan merasa termotivasi dan akan dengan senang hati menyelesaikan tugasnya.

2. Komunikasi Yang sering Dan Jelas

Di dalam sebuah perusahaan Anda pasti menemukan berbagai macam karakter manusia. Dan demi mencapai target tim yang di inginkan haruslah sering berkumpul dan berinteraksi antara satu sama lain. Interaksi inilah yang sering di sebut sebagai komunikasi.

Komunikasi adalah “suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain”. Pada umumnya, dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Menurut Anwar Arifin komunikasi merupakan jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta syarat akan pesan maupun perilaku dan komunikasi yang jelas dan baik bisa menghasilkan kesamaan pendapat di antara kumpulan para pelaku tersebut. Atau secara sederhananya bahwa berkomunikasi yang sering dan jelas akan membantu mereka mengerti dan memahami maksud Anda sebagai atasan. Tetapi sebaliknya sebagai atasanpun harus mau mendengar pendapat karyawan dengan jernih.

3. Mendorong Untuk Naik Level

Jika Anda adalah seorang atasan penting bagi Anda untuk memperhatikan cara untuk mendorong karyawan-karyawan Anda untuk naik level lebih tinggi dari sebelumnya. Sebab semua orang mnemiliki kebutuhan untuk berkembang. Dan tidak ada satupun juga yang tidak mau berkembang baik secara karier maupun penghasilan.

Tetapi di ikuti dengan membantu, mengajari dan memotivasi mereka karena dengan mensupport mereka untuk naik karier akan meningkatkan kapasitas kemampuan diri mereka dan juga secara tidak langsung bisa mengingat siapa yang membuat mereka menjadi lebih baik lagi.

4. Membangun Lingkungan Kerja Yang Positif

Lingkungan kerja yang positif ibarat tulang punggung semua jenis usaha. Sebab untuk membuat karyawan tetap bertahan tidak cukup hanya dengan tunjangan-tunjangan dan gaji besar. Jadi usaha sekecil apapun Anda pasti sudah tahu dan sudah memikirkan bagaimana dapat merekrut karyawan yang tepat untuk bergabung.

Karena jika perusahaan Anda memiliki culture office politics (budaya politik kantor) tidak menutup kemungkinan banyak karyawan yang baik dan kompeten tidak bertahan lama dan pindah ke perusahaan yang menurutnya lebih nyaman untuk bekerja.

politik kantor adalah suatu aktivitas yang dilakukan individu untuk meningkatkan status serta mewujudkan agenda pribadi mereka. Dan terkadang bahkan bisa mengorbankan orang lain untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Jadi, tak jarang yang menganggap kegiatan tersebut suatu konotasi yang negatif.

Misalnya saja mungkin Anda pernah mengalami atau meliahat bila di suatu perusahaan ada karwan yang baik di depan tetapi membicarakan kejelekan teman lain di belakang. Nah, orang seperti inilah yang disebut sebagai pemain politik kantor. Lalu, bagaimana Anda bisa mendesain sebuah budaya yang akan membuat karyawan bekerja secara positif? Karena dengan lingkungan yang positif melahirkan orang-orang yang positif yang dapat menarik customer-customer yang positif juga.

5. Memberikan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan, baik yang disengaja atau tidak disengaja. Jadi, secara tidak langsung jika orang yang merasa tidak di percaya akan melakukan hal-hal yang tidak di percaya tapi orang yang dipercaya akan berusaha menjaga kepercayaan yang di berikan dan itulah yang disebut disebut tanggungjawab.

Jadi sengan Anda bisa dan mau memberikan tanggungjawab dengan skill atau kemampuan dan kapasitas yang dimiliki, mereka akan berusaha membangun komitment rasa percaya diri dan ingin membuktikan kepada Anda bahwa mereka bisa. Demikian pembahasan mengenai 5 cara Motivasi Team Anda. Semoga bermanfaat.


Saya Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Exit mobile version