Diawal Anda membangun bisnis, tentu Anda memerlukan karyawan yang bisa diandalkan. Karyawan merupakan aset bagi perusahaan karena mereka yang mengelola bisnis hingga tercapai target yang ditentukan. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa membuat karyawan Anda menjadi lebih cerdas.

Dengan membuat mereka lebih cerdas dan kreatif, maka akan sangat membatu kemajuan bisnis dan usaha Anda. Lalu bagaimana caranya untuk membuat karyawan Anda lebih cerdas? Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk membuat karyawan Anda menjadi lebih cerdas, yaitu :

1. Mendengarkan Audio Book dari seorang Motivasi

Beberapa riset menunjukkan bahwa karyawan atau business owner yang rajin mendengarkan audio book memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kepekaan dalam bisnis. Jadi Anda boleh mengajak karyawan untuk mendengarkan audio book tentang tips-tips agar bisa memotivasi, durasinya cukup 3 sampai 5 menit.

Menurut Professor Kelly McGonigal dalam bukunya, Maximum Willpower, membahas tiga aspek motivasi diri demi kerja cerdas, yaitu I will, I won’t dan I want. Memahami ketiga aspek motivasi diri ini bisa meningkatkan tujuan produktivitas kita.

Mantra I won’t berarti kita memiliki kekuatan menolak hal-hal yang bisa menghalangi pencapaian tugas, seperti media sosial atau bergosip di kantor. Mantra I will berarti kita fokus pada produktivitas. Contoh, membuat to do list untuk membuat pekerjaan kita efektif.

Mantra I want bertujuan agar kita senantiasa teringat tujuan yang ingin dicapai. Ketiga mantra ini hanya akan berhasil bila dipraktekan secara konsisten dan disiplin. ketika mereka mendengarkan, menyimak dan menjiwai informasinya maka lama-lama akhirnya aktifitas mereka lebih baik lebih canggih.

Jika Anda memiliki kepekaan yang cukup, jika Anda memiliki strategi yang baik, jika Anda memiliki karyawan yang tajam bisnis Andapun akan terbantu. Jadi kualitas bisnis Anda berbanding lurus dengan kualitas kecerdasan karyawan Anda.

2. Mengenali Apa Yang Disukai dan Yang Tidak Disukai Karyawan

Untuk mengenali apa yang disukai oleh karyawan Anda yang berkaitan dengan pekerjaan, Anda perlu meluangkan waktu seperti sesi untuk mengumpulkan karyawan Anda. Kemudian masing- masing boleh sharing apa yang paling dia sukai dan apa yang tidak disukai. Dengan melakukan pendekatan seperti ini Anda dapat menggali potensi mereka dan proses cara kerja yang mereka sukai.

Jika Anda dapat mengenali apa yang disukai dan yang tidak disukai oleh setiap karyawan Anda, maka akan lebih mudah diarahkan pada apa yang disukainya. Hal ini sangat membantu Anda untuk mempertajam bisnis Anda.

Anda juga harus memberikan ruang untuk mereka mengeksplor ide-ide mereka agar kemampuan mereka semakin berkembang tapi Anda tetap perlu mengawasi mereka.

3. Sering Memberikan Pujian

Sebagai atasan, Anda tidak hanya memberikan kritikan kepada karyawan Anda, tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda memberikan pujian kepada mereka. Karyawan yang memiliki prestasi bisa menjadi inspirasi untuk karyawan lainnya, Anda dapat memujinya di depan umum atau pada saat briefing bersama team.

Mungkin sebagian orang berpikir memuji seseorang didepan umum akan membuatnya merasa melayang tinggi atau besar kepala. Tetapi hal ini sebenarnya bisa menjadi pemicu bagi karyawan yang lain untuk bisa lebih keras lagi dalam mencapai goalnya. Mereka akan berusaha mencari cara bagaimana bisa menjadi cerdas juga.

goal alignment

4. Melakukan Goal Alignment

Apabila Anda ingin karyawan Anda lebih cerdas lagi, Anda harus membuat goals alignment. Alignment artinya menciptakan goal bersama-sama untuk meraih prestasi diperusahaan, untuk itu Anda harus membuat goal alignment karena karyawan yang punya goals itu lebih powerfull dari pada karyawan yang tidak tau arah kerjanya kemana.

Ketika Anda memiliki karyawan yang mulai banyak namun mereka tidak tahu arah kerja mereka tidak terarah maka harus dilakukan alignment. Jadi saat mereka bekerja yang dipikirkan adalah goal bersama, mereka akan fokus pada apa yang ingin dicapai.

Anda juga harus berhati-hati dengan recruitment karyawan, jika Anda rekrut orang yang salah maka kualitas SDM Anda juga akan kacau. Kecerdasan SDM Anda akan mempengaruhi dan menjadi problem untuk Anda.

5. Antusiasme

Kata antusias atau antusiasme menurut kamus besar bahasa Indonesia di pahami sebagai kegairahan, semangat yang berapi-api terhadap sesuatu yang ingin di capai. Nah seorang yang cerdas pasti memiliki sikap yang antusias contohnya seperti seorang pemimpin, Anda harus memiliki sikap antusiasme atau sikap yang selalu penuh dengan semangat.

Jika Anda sangat antusias, maka bawahan Anda juga akan ikut antusias untuk mencapai target perusahaan. Antusiasme juga merupakan produk dari rasa syukur, karyawan yang antusias adalah karyawan yang bersyukur. Semakin bersyukur semakin antusias, jadi sebagai pemimpin Anda harus selalu mengingatkan karyawan-karyawan Anda untuk lebih memiliki rasa syukur.

Jadi antusiasme adalah bagian penting untuk membuat bisnis Anda dahsyat luar biasa. Anda bisa membuat karyawan antusias caranya adalah memberikan mereka sebuah apresiasi, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda bersyukur ada mereka.

6. Memberikan Tantangan

Tantangan adalah alat untuk mendorong inner motivation, motivasi ada 2 jenis yaitu motivasi yang datang dari luar dan motivasi dari dalam diri. Contoh motivasi eksternal adalah kalau Anda memberika motivasi berupa uang, manun motivasi itu rata-rata tidak bertahan lama atau umurnya pendek.

Berbeda dengan motivasi dari dalam contohnya seorang motivator. Mereka sangat hebat karena bisa menggali motivasi karyawan dari dalam. Motivasi yang lebih tinggi salah satunya motivasi yang umurnya cukup panjang yaitu challenge atau tantangan.

Kalau Anda perhatikan di youtube ada konten challenge ini dan itu, misalnya ada karyawan Anda yang lulusannya adalah lulusan komunikasi jurnalistik kerjanya accounting. Anda dapat memberi tantangan untuknya untuk membuat script atau menulis artikel.

Jika dia berhasil membuat artikel dengan baik, Anda harus memberi pujian dan mengapresiasinya supaya dia merasa dihargai. Anda bisa menantang bukan hanya group tapi individu sehingga challenge ini membuat orang lebih termotivasi dari dalam dan tidak merasa mereka itu sedang diperintah-perintah.

Demikian 6 hal yang akan mensupport Anda dan memberikan idea untuk membuat bisnis Anda tambah sukses sehingga SDM Anda berkualitas. Kecerdasan SDM Anda mempengaruhi kecerdasan bisnis Anda juga, semakin sukses karyawannya semakin sukses juga potensi bisnis Anda kedepannya, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!