Apapun bisnis yang Anda bangun pasti membutuhkan yang namanya tim. Sebab tim salah satu pondasi perusahaan yang berperan penting dalam perkembangan bisnis. Namun tidak semua orang bisa di katakan tim.

Hanya orang yang memiliki misi yang sama bisa menjadi tim yang luar biasa dan produktif sehingga mempengaruhi perkembangan atau kemajuan perusahaan. Maka tak jarang seorang pengusaha selalu berusaha untuk merekrut tim dengan mengevaluasinya terlebih dulu.

Tidak hanya itu, mereka juga memikirkan cara agar mencapai kerja sama tim yang baik sehingga bisnis berpeluang besar untuk bertahan dan terus maju menghadapi persaingan bisnis. Tim kerja yang produktif adalah sekumpulan orang yang mampu melakukan hal-hal yang menghasilkan sesuai standar yang telah di tentukan atau bahkan lebih dari kualitas yang baik.

Sebuah research yang di lakukan oleh Carnegie Mellon, M.I.T dan Union College di tahun 2010 mereka melakukan assignment kepada 699 partisipan. Mereka bereksperimen dengan memperkerjakan partisipan tersebut secara bersama-sama dan mengukur efektivitas dan performa team building.

Dari eksperimen yang telah di lakukan menunjukkan hasil bahwa dari group dynamic atau dari partisipan itu memiliki high Performing team dan juga memiliki dua karakteristik yang sama, yaitu:

  1. karakteristrik yang pertama adalah mereka memiliki social sensitivity atau memiliki kepekaan social. Seperti misalnya peka dengan orang yang bekerja bersama mereka, sehingga pada akhirnya bukan hanya bisa membangun tetapi juga bisa menang menghadapi kompetisi.
  2. karakteristik yang kedua adalah terdapat sebuah culture atau kebiasaan untuk saling mendengarkan atau bergantian saat berbicara.

Dua skill ini sangat luar biasa menarik karena ada “It” Factor yang terkandung. “It” Factor adalah persamaan dari setiap tim yang sukses dan persamaan dari setiap tim yang kurang sukses. Contohnya adalah tim yang dipimpin oleh wanita cenderung lebih mampu untuk memiliki kekuatan bersama karena kepekaan sosialnya lebih tinggi dibandingkan tim laki-laki.

Apakah menurut Anda ini sesuatu yang kebetulan? Mengapa wanita mampu memimpin secara sensitif dibandingkan dengan pria? Ternyata bukan tentang wanita atau pria menunjukkan kepekaan yang lebih. Melainkan Jika di pelajari lebih lanjut dari eksperimen tersebut mereka menemukan ada empat komponen yang mendorong seseorang untuk memiliki dua kebiasaan tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Intelligence

Yang pertama adalah intelligence atau sering disebut collective intelligence. Intelligence atau kecerdasan adalah kapasitas seseorang untuk berpikir logis, berkomunikasi, belajar, mengetahui, memahami, mengingat, memiliki perencanaan, berpikir kreatif dan mampu memecahkan masalah.

Dan yang di maksud dengan collective intelligence merupakan kemampuan orang-orang untuk berbagi pengetahuan, berpikir untuk bertindak di dalam keselarasan dan saling berkoordinasi untuk mencapai hasil kritikal yang diinginkan.

Jadi, bisa di simpulkan bahwa kecerdasan kolektif itu lebih berfokus pada kelebihan yang mereka miliki untuk ditonjolkan pada tim lain daripada kelemahan-kelamahan yang mereka miliki.

2. Attitude

Memiliki pekerjaan atau bekerja di perusahaan yang di impikan menjadi sesuatu hal yang membanggakan. Akan tetapi untuk mencapai semua impian atau target tidak cukup hanya dengan skill melainkan harus diikuti dengan attitude yang baik dan pengalaman di dalamnya.

Dengan attitude yang baik dan cocok dengan orang-orang didalamnya akan mempermudah Anda untuk mengaplikasikan skill dan pengalaman yang di miliki demi mencapai semua target yang telah di tentukan. Arti attitude adalah perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap pada aspek afektif yang menentukan tindakan seseorang.

Jadi, dapat di simpulkan bahwa attitude bukan pembawaan sejak lahir melainkan harus di bentuk mulai dari aspek pemikiran, pandangan, segi perasaan dan aspek-aspek yang memiliki motivasi.

attitude

3. Harus Memiliki Skill

Tidak sedikit dari kita ketika sudah berada dalam dunia kerja pernah merasa kesulitan mengembangkan skill yang di miliki, apa lagi di era digital sekarang ini. Maka tak jarang dari kita banyak yang mempelajari dan berusaha menguasai berbagai skill.

Baik hard skill ataupun soft skill yang bisa di gunakan untuk saling mengisi bersama rekan kerja. Skill atau keterampilan adalah kemampuan untuk menggunakan akal,pikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah maupun untuk membuat sesuatu yang lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.

4. Memiliki Tujuan Yang Sama

Sebelumnya kita telah belajar tentang intellegence, attitude dan skill. Tetapi selain memiliki ketiga komponen tersebut Anda juga di haruskan bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama dan untuk mencapai target-target yang telah di tetapkan Anda pun di tuntut untuk memiliki kecerdasan yang mampu menolong perusahaan.

Misalnya dengan menempatkan orang di tempat yang tepat agar mampu bekerja sesuai skill yang di miliki hingga pada akhirnya menghantarkan perusahaan ke target yang telah di tetapkan bersama untuk di capai dan jika Anda gagal menempatkan orang di tempat yang tepat maka apa pun yang mereka kerjakan akan terus tidak optimal yang pada akhirnya gagal mencapai high performing team.

Secara sederhana high performing team adalah orang-orang yang berpikir untuk memajukan perusahaan, mengeksekusi dan atau menciptakan conflict resolution sehingga bisa membuat bisnis Anda perform.

Demikian empat ciri-ciri team yang produktif, semoga manfaat.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Recent Posts.