Di era yang serba instan membuat banyak orang memilih melakukan sesuatu dengan menggunakan online system. Mulai dari pesan makanan dan belanja kebutuhan lainnya, nah untuk memenuhi permintaan customer banyak orang mulai berjualan secara online di marketplace.

Alasannya tentu karena mudah, modal yang dimiliki juga tidak perlu besar langsung bisa memiliki toko online. Namun dengan kemudahan tersebut muncullah tantangan yaitu bersaing dengan ratusan kompetitor yang menjual produk yang sama.

Persaingan antara pemain marketplace sangatlah ketat, bahkan ada yang sampai bantingan-bantingan harga. Nah supaya produk Anda tetap laris di marketplace meskipun banyak kompetitor, berikut tipsnya :

Gunakan Banyak Channel di Marketplace

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah gunakan banyak channel di marketplace, jangan hanya punya satu channel. Kenapa? Karena biasanya customer hanya punya salah satu marketplace saja, misalnya customer A punya aplikasi Tokopedia, sementara customer B punya aplikasi Shopee, jika kita hanya gunakan salah satu aplikasi saja maka produk kita tidak dikenal oleh customer lainnya.

Jadi tujuan menggunakan banyak channel di marketplace adalah agar produk kita lebih dikenal luas oleh customer, membuka peluang yang lebih besar untuk bisa laris dan bisa bersaing dengan banyak kompetitor.

Memiliki Strategi di Marketplace

1. Harga murah tidak jadi patokan laris

Selain menggunakan banyak channel, Anda juga harus punya strategi di marketplace. Tidak semua pemain marketplace memiliki strategi, kebanyakan dari mereka hanya berpikir kalau jual harga mahal produknya tidak akan laku.

Atau sebaliknya produk yang di jual lebih murah pasti akan laris, itu semua belum tentu. Ada juga orang yang jualnya agak mahal sedikit tapi tetap bagus. Contohnya ada orang jual kerudung dan dia punya brand yang bagus, kemudian masuk ke marketplace.

Meskipun di jual dengan harga yang lebih mahal tetap laku bahkan cenderung laris, karena memiliki desain yang unik dan telah digunakan juga oleh influencer yang memiliki reputasi baik. Harga murah tidak menjadi patokan produk akan laris.

2. Gunakan SEO & Copywriting Untuk Memperkuat Branding di Marketplace

Memanfaatkan SEO untuk bisnis online memang sangat penting, kenapa? Karena hal itu bisa digunakan untuk mengoptimasi website bisnis online Anda. SEO bisa membangun branding bisnis online yang sedang Anda kelola menjadi semakin populer.

Tidak hanya itu, banyak pemain marketplace memberikan diskon atau promo untuk menarik perhatian customer. Itu bukan satu-satunya cara untuk bisa meningkatkan penjualan. Cara lainnya yaitu dengan membuat copywriting.

Melalui copywriting Anda bisa menarik perhatian customer dan bisa memperkuat promosi di marketplace. Tentunya harus disesuaikan dengan target market dan kebutuhan customer Anda. Selain itu Anda juga harus analisa copywriting kompetitor, hal itu berguna untuk menonjolkan kelebihan produk Anda dibandingkan kompetitor.

SEO

3. Memiliki Data Pelanggan dan Reseller

Banyak orang yang menjual di marketplace tapi tidak punya data pelanggan dan reseller. Padahal kedua hal itu sangat penting agar jualan di marketplacenya tetap laku dan tetap laris. Tanpa data pelanggan, maka akan sulit mengidentifikasi berbagai kategori pelanggan.

Dengan adanya reseller Anda akan sangat terbantu, karena mereka yang akan menghadapi customer secara langsung dalam menjual produk Anda. Selain itu reseller Anda akan membantu menampilkan review-review dari customer yang terpercaya tentang produk Anda.

Nah dari penjelasan diatas jelas ya bahwa berjualan di marketplace bukan hal yang sulit jika kita tahu strateginya dan jangan bantingan-bantingan harga. Lebih baik ciptakan valuenya atau bisa juga dengan endorse dari influencer.

Tidak kalah penting juga dalam mempromosikan produk, Anda bisa menggunakan copywriting dan menampilkan review dari orang yang terpercaya, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Recent Posts.