Site icon Top Coach Indonesia

Pikiran Yang Harus Dibuang Ke Toilet

negative

Sebagai manusia kita semua memiliki pikiran, ada pikiran negatif dan ada pikiran Positif. Namun apakah Anda tahu apa itu yang dimaksud dengan pikiran? Pikiran adalah serangkaian kemampuan kognitif yang memungkinkan kesadaran, persepsi, pertimbangan, dan ingatan pada manusia dan organisme lain.

Pikiran negatif menurut para ahli Cormier & Nurius “Bentuk pikiran negatif diantaranya berprasangka tanpa adanya bukti yang jelas, berpikir “harus” dalam mencapai keinginan, berpikir kalau dirinya bodoh, tidak berguna, atau tidak punya kelebihan yang bisa dibanggakan, pikiran berandai-andai, berpikir dengan cenderung memprediksikan suatu hal dengan hasil negatif (akan gagal)”.

Pikiran seseorang ternyata bisa membentuk perilakunya , ketika kita memiliki pikiran yang optimis maka hidup kita akan sangat sederhana dan tidak rumit. Namun terkadang sering sekali kita berpikiran negatif yang tanpa di sadari secara perlahan kita menanam racun pada diri kita sendiri.

Berikut ini ada 10 pikiran yang Anda harus buang ke toilet karena pikiran ini akan membuat Anda miskin dan tidak bermanfaat, yaitu :

1. Untuk Anda yang Sering Berpikir Kurang

Pemikiran yang pertama adalah sering sekali orang berpikir kurang, seperti kurang baik, kurang pintar, kurang hebat, kurang cantik atau ganteng, dan kurang lainnya. Rasa kurang ini merupakan racun.

Di dalam hidup ini tidak ada orang yang sempurna, kita tidak bisa memenuhi semua keinginan semua orang. Setiap orang punya penilaian dan pemikiran yang berbeda- beda, bahkan yang tidak suka pada Anda akan mengkritik dan selalu menilai Anda buruk. Apapun yang Anda lakukan selalu kurang dan salah dimata mereka yang tidak menyukai Anda.

Contohnya jika Anda adalah seorang Master Chef yang terkenal dan sukses pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka pada Anda. Bagi orang yang tidak suka pada Anda pasti mengatakan masakannya tidak enak atau kurang asin.

Tetapi hal tersebut tidak perlu Anda jadikan beban, karena itu hanya masalah seleranya saja tidak sama. Jadi perlu di ingat pikiran kurang, tidak bisa atau tidak berdaya sebaiknya buang saja ke toilet karena hanya akan menjadi racun didalam diri Anda.

2. Tidak bisa

Pemikiran yang ke dua adalah berpikir “’Tidak Bisa” sering sekali orang cepat berkata “tidak bisa”, padahal kata “tidak bisa” hanyalah kata-kata untuk orang yang cepat menyerah. Menyerah sebelum mencoba dan memulai nya. Contohnya ada suatu pekerjaan yang harus Anda lakukan lalu anda katakan “tidak bisa”, sebetulnya kapan waktu yang tepat untuk anda katakan “tidak bisa” ? apakah sebelum memulai pekerjaan, sesudah melakukan tapi ternyata gagal atau ketika Anda memutuskan untuk menyerah?

Kalau Anda belum melakukan atau mencoba perkerjaan tersebut tetapi Anda sudah bilang “tidak bisa”, berarti Anda tidak adil dengan diri Anda. Berbeda ketika Anda sudah menambah pengetahuan, menciptakan strategi dan juga bergaul dengan yang sudah berpengalaman namun tetap gagal berarti itu artinya Anda tidak berbakat atau bukan orang yang tepat tapi bukan berarti “tidak bisa”.

Gagal berbeda dengan “tidak bisa”, jadi apabila Anda gagal tetaplah mencoba lagi dan lagi, berusaha dan belajar lebih banyak lagi. Jikalau orang lain bisa Anda juga bisa, kalau ada orang lain sukses Anda pun bisa sukses. jadi pikiran “tidak bisa” hanya untuk orang yang menyerah dan harus di buang ke toilet karena hal ini akan membatasi kemampuan yang Anda miliki.

tidak bisa

3. Saya Kurang Beruntung

Apa yang membuat orang berpikir “saya kurang beruntung”? Banyak orang berkata “saya tidak seberuntung kamu”. Pikiran tersebut biasanya didominasi dengan pertanyaan kenapa tidak terlahir dari keluarga yang kaya? Kenapa tidak bisa sukses seperti orang lain? Kenapa tidak memiliki banyak teman? Dan selalu membanding-bandingkan dan merasa kurang beruntung.

Tahukah Anda, saat Anda merasa orang lain lebih beruntung dari pada diri sendiri, sebenarnya Anda tidak mengsyukuri apa yang sudah di miliki dalam hidup ini. Manusia memang tidak pernah merasa puas dan sering membandingkan dirinya dengan orang lain, sehingga lupa akan apa yang dimilikinya.

Albert Einstein pernah mengatakan begini: “Anda bisa percaya bahwa tidak ada keajaiban di dunia ini atau Anda percaya segala sesuatu yang terjadi didunia ini adalah keajaiban, Anda masih hidup itu adalah keajaiban, Anda bisa bekerja adalah keajaiban”. “Jadi you are lucky as lucky as other people, anda beruntung seperti orang lain pada umumnya”.

Jadi dari sekarang Anda harus membuang jauh pikiran “saya kurang beruntung” perbanyaklah bersyukur dan berusaha, bekerja keras, tak perlu meratapi diri dan merasa iri kepada kehidupan orang lain.

4. Kayaknya Saya Tidak Pernah Bisa menjadi Pengusaha

Banyak orang yang ingin menjadi seorang pengusaha ataupun pebisnis, namun memiliki kendala yang besar terutama kendala yang ditumbuhkan oleh dirinya sendiri yaitu rasa pesimis. Contohnya ada orang yang langsung berkata saya tidak pernah bisa menjadi pengusaha, ini adalah contoh orang yang tidak percaya diri dan memiliki sifat yang sangat pesimis.

Perkataan “saya tidak pernah bisa” berarti absolute yang artinya tidak bisa di rubah. Jadi ketika Anda berkata “saya tidak pernah bisa menjadi seorang pengusaha” Anda sudah memutuskan dan sudah menutup semua peluang dan bahkan Anda menutup semua hal yang memungkinkan Anda menjadi orang hebat atau menjadi seorang pengusaha.

Jadi jika Anda ingin menjadi Pengusaha buanglah pikiran “saya tidak pernah bisa menjadi pengusaha” buanglah keyakinan ini. Anda bisa melakukan apapun yang Anda mau selama Anda niat dan tetap berdoa kepada yang Maha Kuasa.

5. Harusnya Saya Bisa Lebih Baik Dari Ini

Pemikiran yang ke lima adalah Kata “harusnya”, sering sekali kita gunakan untuk mengungkapkan rasa penyesalan, rasa ingin mengubah kejadian di masa lalu. Contohnya harusnya saya bisa sekolah disini, harusnya saya waktu SMA jangan disana, harusnya saya waktu masuk kerja posisinya disini. Hal ini menunjukkan bahwa Anda masih berlarut-larut mengenang masa lalu dan ingin mengubahnya.

pikiran “Harusnya” artinya Anda ingin mengubah masa lalu, bagaimana bisa mengubah masa lalu? Tidak ada satu orangpun di bumi ini yang dapat mengubah masa lalu Kata harusnya sudah lewat, yang harus Anda lakukan adalah sekarang saya mau apa?

Jadi, keputusan dan pilihan ada di tangan kita! Apakah kita masih tetap ingin menangisi masa lalu dan tetap tinggal dalam kubangan yang sama atau ingin melupakan masa lalu dan menjadikannya sebagai pelajaran dan cambuk untuk bangkit meraih masa depan yang penuh dengan suka cita. Masa depan yang indah tersedia bagi orang yang mau bangkit dan memperbaiki diri.

6. I’m Not Strong Enough “Saya Kurang Kuat”

Sebagai manusia yang tidak sempurna, kita sering sekali membandingkan diri kita dengan orang lain. Melihat orang lain lebih kuat dari kita, melihat orang lain lebih sukses dari kita bahkan menjadikan kesuksesan orang lain sebagai tolak ukur kemampuan kita.

Jangan melabel diri Anda dengan kata “Saya kurang kuat” untuk mau maju buang ini jauh-jauh, buang ini dari pikiran Anda, Anda adalah diri Anda, Anda bukan pikiran Anda, Anda bukan perasaan Anda, Anda bukan dimana Anda dilahirkan. Anda bisa melakukan apa yang Anda ingin lakukan sesuai dengan keinginan Anda dan Anda bisa menambah kekuatan Anda.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pikiran seseorang ternyata dapat mengubah perilakunya, tetaplah berpikiran optimis untuk membangun kekuatan di dalam diri Anda. Asahlah kemampuan dan Ilmu Anda sehingga Anda menjadi orang yang lebih berkualitas. Jadi buang lah pikiran “saya kurang kuat” itu, karena sesunggungguh nya Anda adalah seorang yang kuat, Anda seorang yang dapat melakukan segalanya dan Anda adalah orang yang berkualitas.

7. Tidak Ada Yang Perhatian Sama Saya

Perhatian adalah suatu kegiatan jiwa, yakni proses pemusatan phase-phase atau unsur-unsur pengalaman dan mengabaikan yang lainnya. Ada orang yang haus akan perhatian, sering mengeluh ingin diperhatikan, ingin di mengerti, ingin disukai banyak orang, dan selalu ingin diperhatikan oleh siapapun. Orang yang seperti ini adalah orang yang suka mendramatisasi kehidupan.

Jika Anda mengalami hal yang seperti ini, sebaiknya berubahlah ini tidak ada gunanya. Sebaiknya Anda memperhatikan diri Anda dan orang lain, karena Anda akan mendapat manfaat dari sana. Jadi mulai sekarang buanglah pikiran “tidak ada yang perhatikan” itu hanya menyiksa diri Anda sendiri karena bahagia itu kita sendirilah yang ciptakan dan bukan dari perhatian orang lain.

8. Saya Kurang Pintar

Di dunia ini tidak ada orang bodoh, Tuhan menciptakan manusia itu dengan segala kelebihan dan ke unikan masing-masing. Hanya saja kita sebagai manusia tidak pernah mau belajar, tidak mau berusaha, kita terlalu malas untuk mencoba sebuah inovasi-inovasi terbaru. Contohnya seseorang melakukan suatu hal baru misalnya dia seorang marketing, dia berkata saya kurang pintar pak,marketing tersebut langsung menyerah dan tidak mencobanya lagi.

Tidak ada istilah kurang pinter yang ada tidak mau belajar, yang ada tidak mau mencoba, yang ada karena Anda sudah memutuskan untuk mundur tidak ada yang kurang pinter hanya kurang usaha. Jadi tetaplah belajar, jangan cepat menyerah. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan tetapi kalahkan lah keadaan dengan segala kemampuanmu.

9. Saya Memang Sudah Gagal

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, kalimat tersebut sering muncul untuk membangkitkan semangat seseorang dalam berusaha dan diharapkan dapat bangkit dari kegagalan dan meraih kesuksesan.

Setiap orang pernah mengalami kegagalan, tetapi anda bisa melakukan yang terbaik, seperti kata pepatah “kegagalan adalah cambuk dari keberhasilan”. Ada orang gagal yang berpikir seperti ini “saya ini orang gagal dari sananya, saya ini nggak pernah bisa sukses, saya orang gagal”. yang gagal itu adalah sikap dan tindakannya bukan orangnya.

Contohnya Anda masak nasi terlalu lembek apakah Anda gagal? Tidak , Anda cuma salah menemukan resep, atau mungkin salah pilih beras, mungkin salah takaran air, mungkin salah kompornya, mungkin ada hal lain. Tetapi yang pasti kegagalan itu bukan orangnya yang gagal tetapi tindakannya yang belum tepat.

Buat Anda yang pernah mengalaminya buanglah pikiran “saya memang sudah gagal”. Agar bisnis Anda bisa maju, jadikanlah kegagalan tersebut menjadi pelajaran untuk lebih baik. Jadi Anda bukan orang gagal, Anda orang hebat, dan Anda adalah orang sukses.

10. Worst Case Scenario

Masa lalu dapat menjadi sebuah pelajaran di masa yang akan datang, entah itu kesalahan ataupun menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik. Banyak orang yang menyesali kehidupan masa lampaunya. Karena dimasa lampaunya banyak hal negatif yang dilakukan nya.

Bagaimana kehidupan masa lampau Anda, Anda lihat kehidupan Anda hari ini, lihat pikiran dan tindakan Anda hari ini, kalau tindakan dan pikiran Anda positif masa depan Anda niscahya bisa lebih positif. Kalau tindakan dan pikiran Anda negatif Anda mungkin bisa memprediksi nasib Anda dimasa depan, agar Anda tidak menyesalinya dikemudian hari.

Demikianlah 10 pikiran yang harus Anda buang ke toilet agar pikiran dan tidakan menjadi positif, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Recent Posts.

Exit mobile version