Bisnis apapun, pekerjaan apapun, profesi apapun membutuhkan satu karakter, namanya self confident. banyak orang gagal karena self confident yang lemah, nah hari ini saya akan membahas 10 langkah untuk membangun self confident :

1. Langkah yang pertama berhenti membandingkan anda dengan orang lain

Berhenti membandingkan benda yang anda miliki dengan benda yang dimiliki oleh orang lain, berhenti membandingkan profesi anda dengan orang lain. Berhenti membandingkan kekayaan anda dengan kekayaan orang lain.

Katanya begini, reuni adalah tempat yang paling buruk untuk dikunjungi karena pada saat kita ketemu reunian pasti kita membanding-bandingkan dan kalau anda tidak lebih baik dari orang lain serba salah, kalau anda lebih baik dari orang lain serba salah.

Jadi ada orang yang dateng karena sudah jadi konglomerat, ketemu dengan teman-teman sekolahnya, teman-teman SMAnya, teman-teman SMPnya tidak bisa bersikap seperti dulu lagi, karena apa? karena sudah jaga image, sudah jaga jaga komunikasi semuanya harus serba diatur dan akhirnya serba salah.

Mau membandingkan diri dengan orang lain salah, orang lain mau membandingkan diri dengan anda salah, so stop membanding-bandingkan karena tidak ada orang yang lebih dan tidak ada orang yang kurang.

Kita semua berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, kita berada dari latar belakang yang membentuk kita masing-masing dengan metode dan cara yang berbeda kita berasa ditempat dimana kita ada dalam posisi kita yang terbaik.

Tapi faktor yang kedua adalah selalu akan ada orang yang lebih baik dari kita, saya punya pesawat pesawat saya kecil, selalu ada pesawat yang lebih gede, selalu ada pesawat yang lebih mewah saya punya mobil, selalu ada mobil yang lebih mahal kalau saya membandingkan akan menghantui dan membuat saya tidak percaya diri so stop membandingkan diri anda dengan orang lain.

2. Yang kedua jaga ucapan anda

Karena ucapan adalah doa, kalau anda nggak PD lalu anda mengatakan aduh saya kok nggak PD banget sih, aduh maklum lah pak saya kan hanya ibu rumah tangga maklum lah pak saya kan nggak sekolah, maklum lah pak bla, bla, bla, oke itu BS.

BS atau belief system yang tidak boleh anda ucapkan bahkan kalau perlu anda harus menciptakan ucapan-ucapan baru yang akan membuat anda lebih percaya diri. Meskipun saya tidak sekolah, saya bisa sukses, meskipun saya ibu rumah tangga saya bisa jadi orang kaya, meskipun saya tidak lulus kuliah saya bisa seperti Bill Gates. Jadi jaga ucapan anda karena ucapan anda adalah doa dan doa akan didengar oleh Tuhan.

3. Yang ketiga adalah gerakan tubuh

Teman-teman ada orang ya ketika ketemu saya orang itu tegak wajahnya bukan sangar ya tetapi wajahnya, dagunya naik sedikit lalu kemudian bahunya lebar pertanyaan saya dalam kondisi begini anda berjabat tangan dengan orang itu, apa perasaan anda? Orang ini terkesan percaya diri, tetapi sebaliknya anda yang sudah memiliki postur seperti itu lalu anda turunkan bahu anda, turunkan muka anda, turunkan dagu anda lalu turunkan lengan anda tanpa dirasakan anda sudah memerintahkan tubuh untuk tidak percaya diri.

Jadi perhatikan gerak tubuh anda, kalau anda lunglai, tunduk, nafasnya senggal-senggal lalu kemudian anda tidak menunjukkan rasa percaya diri itu karena gerakan tubuh anda tidak mendukung rasa percaya diri percaya diri itu harus didukung.

Orang yang PD itu gerakannya kayak gimana? badannya tegak leher jangan tunduk agak sedikit naik, pundak kebelakang, jabatan tangan dengan rileks jalan seperti ini akan membawa posisi anda menjadi orang yang lebih percaya diri. Ketemu customer selamat pagi Pak jangan selamat pagi pak (sambil membungkuk) nggak akan dihargai sebagai orang yang PD, oke, you are the best pasti bisa.

4. Yang keempat, banyak orang sibuk mengkonsumsi, tidak sibuk berkreasi

Kalau anda kebanyakan konsumsi, konsumsi, konsumsi, konsumsi, konsumsi, konsumsi waktu anda habis untuk mengkonsumsi, saat anda diminta untuk berkreasi anda tidak punya ide sebaliknya kalau anda berkreasi, berkreasi, berkreasi, berkreasi, berkreasi, berkreasi, berkreasi saat anda ditargetkan untuk berkreasi lebih bagus lagi anda punya lebih banyak ide lagi.

Kenapa? Karena anda punya lebih banyak pengalaman, anda punya lebih banyak self confident berapa banyak orang yang nonton youtube hanya mengkonsumsi yang tidak bermanfaat tapi tidak menciptakan sesuatu yang bermanfaat gimana anda bisa menciptakan hal bermanfaat kalau konsumsi anda tidak bermanfaat?

Jadi konsumsi yang bermanfaat lalu ciptakan sesuatu yang bermanfaat sehingga anda tidak hanya mengkonsumsi tetapi juga berkreasi

5. Yang kelima berani mengatakan TIDAK

ini menurut saya sulit untuk mengatakan TIDAK bagi beberapa orang kenapa? Kata tidak itu berat banget, apalagi untuk orang-orang yang anda suka, anda sayang kepada orang yang anda respect. Ngomong tidak itu berat banget, jadi belajarlah untuk mengatakan tidak.

Karena waktu anda mahal, kalau anda mengatakan YA untuk setiap permintaan yang tidak berkaitan dengan anda anda harus mengorbankan impian dan goal anda, anda harus mau mengatakan YES untuk dream anda dan bisa jadi mengatakan TIDAK untuk yang tidak mendukung dream dan impian anda.

katakan tidak

6. Yang keenam jauhilah orang-orang yang negatif

Ada pepatah mengatakan “anda adalah orang yang anda gauli atau lingkungan anda menentukan nasib anda, lingkungan menentukan masa depan anda” bahkan ada orang mengatakan “Show me your friend, I’ll show you your future”.

Tunjukkin teman-teman kamu kayak apa gayanya, kayak apa sifatnya, kayak apa kekayaannya kayak apa cara dia mengeluarkan uang, cara dia mengambil sebuah keputusan, I’ll show you your future kamu akan ketauan nasibnya, nah jadi bergaullah dengan orang yang bagaimana? Yang terus mau belajar yang tidak negatif, yang mendukung kemampuan anda untuk berkembang, yang mendukung potensi-potensi terbaik anda, so jauhi lingkungan negatif.

7. Yang ketujuh banyak memuji orang

Menurut saya sangat powerfull karena kalau anda banyak memuji orang tanpa disadari melihat orang confident, anda jadi lebih confident. Misalnya contohnya begini anda ketemu orang, aduh bapak kok semangat sekali? dia confident, semangatnya jadi tertular ke kita tapi kenapa? Karena kita muji ada banyak orang yang menjatuhkan orang lain akhirnya self confidentnya dia menular ke kita juga.

Ketidak pedeannya dia menjadi ketidak pedean kita jadi bangunlah orang lain dan puji banyak orang, ya bukan berarti anda harus ngegombal tetapi belajarlah untuk memuji lebih tulus hai, wah kamu kayak anak kecil, anda ketemu anak kecil anda bilang “Ihhh jelek banget”, banyak kan yang kayak begitu, ihhh bau, ihhh begini jangan, bangun confidentnya, bangun confident anak kecil anda bisa melihat confident dia menular ke kita, semoga bermanfaat.

8. Yang kedelapan adalah dress to succeed

Anda berdandan untuk menjadi orang sukses ada satu pepatah mengatakan “berdandanlah satu level diatas kamu”, jadi dandan itu satu level diatas kamu. Kalau misalnya saya adalah seorang staff berdandanlah as if anda adalah seorang supervisor, bersikaplah as if anda seorang supervisor.

Bukan berarti anda nyuruh-nyuruh bukan tetapi anda membawa diri, membawa diri menjadi orang yang lebih hebat, menjadi orang yang lebih bertanggung jawab. menjadi orang yang lebih kreatif, menjadi orang yang lebih cerdas dan ini akan membuat anda menjadi lebih PD, dress to success.

9. Yang kesembilan adalah belajar hal baru

Hal itu akan membuat anda memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Saya dapat tips dari salah satu pembicara terkenal dunia, beliau adalah seorang business coach di Amerika salah satu yang meng-coach banyak sekali CEO Fortune 500 Companys.

Dia mengatakan begini, dia panggil saya Coach Tom : “Coach if you want to have a better self confident and you go to a book store, go to where your favorite section is” pergi ke tempat dimana kamu tuh selalu datang kesana, jadi kebanyakan kalau kita suka buku kita datang ke section yang sama terus menerus.

Dia mengatakan gini : “kamu datang ke section tersebut putar balik cari buku dibaliknya jadi jangan ke section buku dimana kita memang sudah familiar karena kebanyakan kalau kita seorang marketing, kita selalu beli buku marketing, buku marketing 1, buku marketing 2, buku marketing 3, terus kita beliin buku-buku marketing yang sebetulnya adalah buku-buku yang kita sudah tahu, kita sudah familiar.

Dia bilang kalau kamu mau balik, balik badan lihat dibalik itu ada buku apa, beli buku itu, pelajari buku itu. Maka kalau diperhatikan buku-buku saya range nya aneh-aneh, ada buku history, biografi, spiritual dan seterusnya.

10. Yang kesepuluh adalah prepare for everything

Prepare for success jadi kalau anda mau berangkat kerja prepare, buat persiapan supaya anda bisa bekerja dengan lebih baik. Kalau anda mau makan persiapkan makanan anda dengan lebih baik kalau anda ingin sukses anda harus mempersiapkan kesuksesan anda dengan lebih baik. So 10 point ini adalah 10 hal yang akan membuat self confident anda menjadi dahsyat luar biasa. Semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This , Choose Your Platform!

Recent Posts.