Site icon Top Coach Indonesia

5 Karakter TIM Yang Baik Untuk Di Rekrut

rekrut

Ketika Anda membuka usaha, pastinya tidak terlepas dengan yang namanya tim kerja. Namun untuk memiliki tim tidaklah mudah, pasti ada saja tantangannya. Karena sangat sulit menyatukan pemikiran banyak orang menjadi satu tujuan yang sama yaitu mewujudkan target perusahaan yang ingin di capai.

Seperti misalnya banyak pengusaha yang mengalami kebingungan dalam merekrut karyawan, ada orang yang pintar tapi tidak punya skill yang diinginkan, atau pendidikannya tidak terlalu tinggi tapi memiliki skill yang diharapkan. Nah, yang perlu Anda ingat bahwa pastinya setiap pengusaha berharap memiliki banyak karyawan yang berkualitas, memiliki etos kerja yang bagus dan juga optimal dalam menggunakan potensi-potensi dalam dirinya.

Tetapi tidak sedikit perusahaan yang salah merekrut orang karena terlihat pintar, menarik, kompeten dan terlihat sepertinya memiliki banyak ilmu saat di interview tetapi di saat mulai bekerja malah tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada atau mungkin tidak mampu mengerjakan tugas-tugas yang di berikan meskipun sederhana.

Nah untuk membuat bisnis berkembang, Anda butuh 5 karakteristik karyawan yang wajib untuk di rekrut yaitu sebagai berikut:

1. Cepat Beradaptasi

Berbicara tentang bekerja dan menjadi karyawan baru di sebuah perusahaan dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru pasti memiliki tantangannya tersendiri. Namun, karyawan yang mampu beradaptasi dengan cepat akan menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan presentasinya.

Tetapi mereka yang tidak bisa beradaptasi akan cenderung diam dan bisa juga menjadikan atasan sebagai alasam mereka tidak berkembang. Misalnya ketika di tegur, mereka akan langsung minta resign karena di tegur keras sama teman atau atasannya.

2. Memiliki Passion

Perusahaan manapun pasti menginginkan karyawan yang memiliki motivasi tinggi untuk bekerja. Misalnya yang bisa selalu datang tepat waktu, karyawan yang bisa saling menghormati diantar tim manajemen dan juga bisa memberikan yang terbaik setiap harinya. Tetapi itu semua sulit di temukan dalam satu paket untuk setiap karyawan.

Maka perlu tahu cara membedakan orang yang mempunyai passion dengan yang tidak memiliki passion. Dan tentu saja mereka yang mempunyai passion kelihatan dari antusiasme dalam berkomunikasi ketika komunikasi, menunjukkan suka dengan pekerjaan. Tidak hanya itu, mereka juga sangat ingin mengenal siapa teman kerjanya dan juga apa tanggungjawabnya. Jadi, Passion adalah kecenderungan atau keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang ia suka atau dianggap penting untuk dilakukan.

3. Memiliki Karakter Yang Positif

Yang ketiga adalah Anda membutuhkan orang yang memiliki kemampuan atau karakter yang positif. Menurut Soemarno Soedarsono, karakter merupakan sebuah nilai yang telah terpatri di dalam diri seseorang melewati pengalaman, pendidikan, pengorbanan, percobaan, serta pengaruh lingkungan yang lantas dipadupadankan dengan nilai nilai yang terdapat di dalam diri seseorang dan menjadi nilai intrinsik yang terwujud di dalam sistem daya juang yang lantas melandasari sikap, perilaku, dan pemikiran seseorang.

Jika Anda ingat kembali dimana masa Anda menjadi anak yang di didik atau pun disaat mendidik Anda Anda tentu mengutamakan karakter yang baik untuk masa depannya. Agar dimana pun mereka berada akan menjadi solusi untuk setiap masalah yang dihadapinya di dalam hidup.

Begitupun saat mereka siap masuk dunia kerja, itulah yang di cari perusahaan. Karena untuk mengenal karakter yang bagus atau tidaknya tidak selalu membutuhkan waktu lama hingga bertahun-tahun.

Sebab bisa di lihat dari hal-hal mendasar yaitu sopan santun saat masuk kantor seperti menyapa teman lain, meminta izin saat menggunakan barang, adanya kepedulian antar sesama, dan atau izin saat istirahat di luar kantor. Karakter ini bisa menunjukkan mampu atau tidaknya seseorang dalam membawa diri di lingkungan kerja yang baru.

4. Result Oriented

Result-oriented merupakan sebuah kebiasaan bekerja, berkomunikasi, dan berkompetisi. Para pemilik kebiasaan ini cenderung fokus pada hasil akhir. Karyawan yang mempunyai tujuan tahu mau arahnya kemana dan mereka punya keinginan untuk memahami apa yang diinginkan perusahaan.

Sedangkan orang-orang yang tidak memiliki tujuan cenderung untuk asal mendapat pekerjaan, di gaji dan menuruti apa yang memang minta oleh perusahaan. Pasti kita sering mendengar orang-orang mengatakan hidup jangan hanya sekedar hidup dan bekerja bukan hanya sekedar bekerja tetapi haru memiliki tujuan dalan hidup dan bekerja agar terasa bermakna.

result

5. Kemampuan Untuk Berkomitmen

Menurut Robbin dan Judge, komitmen kerja adalah suatu keadaan dimana seorang karyawan mempunyai keinginan yang kuat untuk mempertahankan keanggotaan di dalam sebuah perusahaa. Hal ini bukan karena mengenai jenjang karir, gaji dan sebagainya, melainkan kenyamanan dan perasaan yang begitu mendalam untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya melaksanakan komitmen tidaklah jauh berbeda dengan melakukan kewajiban, dan atau tanggungjawab yang bisa dibilang dapat membatasi seseorang melakukan sesuatu. Sebab ketika sudah memiliki omitmen orang tersebut akan mendahulukan janjinya untuk perusahaan daripada kepentingan pribadi.

Dan secara sederhananya bisa dikatakan bahwa mereka yang memiliki komitmen yang baik akan menjalankan kewajiban apapun alasannya. Jadi dengan 5 karakteristik tersebut memudahkan Anda untuk memahami karakteristik penting yang bisa membantu perusahaan Anda lebih efektif.

Sebab dengan orang-orang yang memiliki karakter-karakter inilah yang mudah diajarkan skill-skill baru daripada mereka yang tidak memiliki komitmen. Semoga pembahasan ini bermanfaat, bisa membantu dan memberikan Anda ide atau cara membuat karyawan lebih efektif.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Recent Posts.

Exit mobile version