Site icon Top Coach Indonesia

4 Fokus Menjadi Bisnis Kelas Dunia

bisnis kelas dunia_

Membangun bisnis kelas dunia bukanlah perkara mudah. Yang walaupun pada umumnya bisnis di katakan sukses jika memiliki peningkatan nilai baik dari segi finansial, jumlah pelanggan ataupun kualitas.

Maka tidak menutup kemungkinan juga bahwa ada peluang besar untuk Anda sebagai pebisnis untuk bisa bekerja sama dengan pelanggan di seluruh dunia. Nah, untuk membuat bisis berada di dideretan bisnis kelas dunia tentu di butuhkan berbagai macam kiat.

Salah satunya adalah membangun budaya perusahaan di antara karyawan dan juga membangun manajemen dan strategi bsnis. Namun untuk mencapai hal-hal tersebut juga di butuhkan motivasi atau support, pengetahuan kerja serta kerja sama tim yang solid.

Selain itu ada hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk membangun bisnis kelas dunia yaitu terbebas dari rutinitas, fokus dalam mengembangkan sumber daya manusia,terus menerus melakukan inovasi dan yang terakhir adalah sistemasi.

Nah, berikut penjelasan lengkap mengenai 4 fokus yang sangat penting bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnis menjadi bisnis kelas dunia, yaitu:

1. Business Owner Harus Terbebas Dari Rutinitas Harian

Tak dapat di pungkiri bahwa menjalankan usaha bukanlah hal mudah. Hampir setiap pengusaha pernah mengalami kekeliruan atau kesalahan dalam operasional disebabkan oleh banyak hal seperti salah satunya mungkin menempatkan orang yang kurang tepat untuk menjalankan operasional tersebut.

Sehingga pada akhirnya membuat owner turun tangan dan fokus pada kegiatan operasional. Nah, dengan kondisi tersebut bukan tidak mungkin tanpa disadari banyak hal-hal penting yang tidak dapat di lakukan sekaligus akibat dari kegiatan operasional yang tidak bisa di tinggal.

Maka dari itu seseorang yang memiliki bisnis perlu untuk di pikirkan lagi 4 kategori aktivitas ini yang bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis yaitu yang pertama adalah aktivitas penting dan mendesak.Untuk kegiatan ini suka tidak suka harus turun tangan langsung.

Yang kedua adalah aktivitas yang penting tapi tidak mendesak contohnya melakukan planning, merapikan proses, Branding melatih tea, role play dengan team. Yang Ketiga adalah hal-hal yang tidak penting tetapi mendesak.

Ini harus di pikirkan dan harus di lakukan juga. Lalu, yang terakhir adalah aktivitas yang sudah tidak penting dan tidak mendesak. Untuk itu,agar bisa menjalankan hal-hal tersebut Anda harus fokus untuk bisa memberikan delegasi kepada team yang tepat di bidang yang tepat pula.

2. Fokus Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia

Secara garis besar, pengertian Sumber Daya Manusia adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Sama halnya seperti sebuah pepatah mengatakan “tak ada bisnis yang lebih hebat dari pemiliknya.” Artinya bahwa segala sesuatu menjadi besar dan sukses karena kehebatan manusianya yang ada dalam perusahaan itu.

Maka penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk fokus mengembangkan orang-orang yang ada di dalamnya. Karena jika tim Anda tidak berkembang, customer akan merasa bahwa bisnis Anda juga ikut berpengaruh buruk dan berpindah mencari kompetitor.

Jadi, value dari karyawan yang berkembang akan menciptakan kekuatan atau istilahnya hard and spirit. Dengan begitu karyawan akan menjadi kuat secara hati, berprinsip dan tidak mudah goyah dalam mengahadapi setiap problem yang ada.

3. Terus Menerus Melakukan Inovasi

inovasi

Menurut Everett M Rogers bahwa inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, dan praktik yang di landasi dan di terima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk di aplikasikan ataupun di adopsi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiap generasi pasti memiliki keunikannya tersendiri dalam menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya saja saat ini para generasi milenial bisa membuat terebosan-terebosan baru yang dapat memukau generasi lain seperti hal sederhanya membuat kosa kata gaul baru yang pada akhirnya bisa memudahkan kegiatan manusia.

Dan ini bisa dikategorikan sebagai inovasi. Nah, sama halnya juga dalam berbisnis, melakukan inovasi sangatlah penting. Karena dengan berinovasi mampu membuat customer memhami dengan mudah produk atau program yang sedang di jual.

Mulai dari pelanggan paham produk apa yang Anda tawarkan hingga mengetahui dengan mudah kegunaan dan manfaat yang di dapat dari apa yang sedang Anda tawarkan. Sebab Anda telah menciptakan tutorial-tutorial yang sangat-sangat mudah dipahami konsumen.

4. Sistemasi

Tidak ada hal lain yang lebih hebat atau lebih penting daripada sistem itu sendiri. Sistem itu tidak selalu tentang sesuatu yang sidatnya canggih melainkan lebih kepada sistem yang mendukung Anda dalam membuat proses yang lebih ringkas dan cepat.

Sama halnya dalam dunia bisnis bahwa sistemasi adalah hal yang paling di utamakan agar apa yang di rencanakan menjadi lebih jelas dan praktis. Seperti di artikel sebelumnya pernah di bahas mengenai pentingnya sistemasi bisnis dalam mengembangkan perusahaan.

Sistem bisnis itu bisa disebut sebagai sebagai sekelompok komponen atau elemen yang disatukan menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan bisnis yang tak lain adalah mendapatkan keuntungan atau profit.

Sebagai contoh misalnya saat Anda membeli kamera yang sulit di gunakan, sulit untuk dimengerti maka tidak akan bersemangat dalam menggunakannya. tetapi beda dengan produk yang mudah dipahami karena memiliki tulisan, keterangan dan manual yang membuat barang tersebut menjadi lebih nyaman saat digunakan.

Demikian pembahasan mengenai topik 4 Fokus Anda menjadi bisnis kelas dunia. Jadi, 4 Point ini harus menjadi landasan dasar untuk bisnis Anda menjadi bisnis kelas dunia. Semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Exit mobile version