Site icon Top Coach Indonesia

Cara Menjadi Pribadi Yang Jujur

pribadi yang jujur

Zaman sekarang sulit sekali mencari orang jujur, seolah menjadi sesuatu yang langka jika kita membicarakan tentang kejujuran. Jujur memiliki arti mengungkapkan kebenaran, kenyataan atau keadaan yang sebenar-benarnya terjadi.

Lalu mengapa kejujuran itu penting? Karena kejujuran merupakan salah satu kualitas yang paling dicari dan diinginkan dalam hubungan baik di pekerjaan, berteman dan keluarga. Untuk menjadi pribadi yang jujur itu sulit dan butuh pengorbanan yang besar untuk melakukannya.

Contohnya pada saat anda bertemu dengan teman dan menanyakan kondisi anda “apa kabar?” tentu anda akan menjawab “baik-baik”, tanpa disadari maksud dari kata “baik-baik” tadi apakah kondisi kesehatan anda atau hal lainnya. Bisa jadi anda sedang kurang sehat tapi anda memaksakan bilang baik, jadi dalam keseharian manusia bisa berbohong berkali-kali dalam 1 menit.

Meskipun langka dan sulit menjadi orang yang memiliki kejujuran tetapi terbukti masih ada orang jujur yang mendapatkan penghargaan atas keberanian dalam mengungkap kebenaran. Hal itu membuktikan kalau jujur itu bisa dilakukan dan setiap orang bisa menciptakan budaya jujur.

Saat ini banyak orang yang menyamakan antara kejujuran dengan kepolosan, sebenarnya ini tidak sama. Jujur dan polos itu berbeda, jujur artinya anda menyampaikan sesuatu dengan diplomasi serta bisa memfilter kata tersebut agar menjaga kedamaian/menghormati.

Sedangkan polos artinya apa adanya tapi tidak bijak atau tidak difilter kata-katanya dan ini biasanya sudah menjadi bawaan sejak lahir. Misalnya ketika ada orang yang mengenakan pakaian terbalik, orang jujur akan menyampaikannya dengan cara berbisik karena takut tersinggung tetapi kalau orang polos dia akan langsung ceplas ceplos bicaranya.

Sepahit apapun kejujuran memiliki manfaat bagi kehidupan anda, seperti:

1. Transparansi

transparansi atau keterbukaan memiliki kata dasar transparan yang berarti suatu keadaan yang tidak tertutupi dan keadaan yang tidak ada rahasia sehingga semua orang berhak untuk mengetahui. Keterbukaan atau transparansi menunjuk pada tindakan yang memungkinkan suatu persoalan menjadi jelas, mudah dipahami dan tidak ada kesangsian atau keragu-raguan.

Contoh transparansi didalam penggunaan dana sekolah, seluruh warga sekolah termasuk orang tua murid berhak mengetahui informasi keuangan RAPBS (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah) yang biasanya di umumkan melalui papan mading sekolah atau didepan tata usaha. Dengan memperoleh informasi tersebut maka orang tua murid menjadi tahu dan percaya terhadap sekolah.

Dengan menjadi pribadi yang jujur maka kita bisa lebih terbuka, dan bisa meluruskan hal yang salah menjadi benar. Jadi manfaat menjadi pribadi yang jujur itu selain lebih transparansi tetapi juga membuat seseorang lebih produktif.

2. Tidak Perlu Menciptakan Kebohongan Baru

Manfaat jika anda seorang yang jujur adalah tidak perlu menciptakan kebohongan baru, karena pada dasarnya manusia itu bisa berbohong berkali-kali tanpa disadari. Ketika anda melakukan 1 kali kejujuran maka akan membuat anda kedepannya tidak akan pernah lupa, tetapi kalau anda berbohong 1 kali maka akan menciptakan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Selain itu kejujuran akan membuat anda lebih logis ketika mengambil suatu keputusan. Maksudnya anda bisa berpikir dengan tepat, hal yang baik anda katakan baik kalau buruk anda katakan buruk. Jadi anda tidak perlu repot mencari alasan dan berbohong.

3. Memiliki Tim yang Jujur

Untuk memiliki tim yang bekerja secara jujur bukanlah hal yang mudah karena setiap orang memiliki karakter yang terbentuk dari latarbelakang yang berbeda-beda. Perbedaan itu dianggap wajar meskipun tidak mudah namun seorang leader harus bisa memberikan contoh sikap jujur.

Sikap jujur yang harus dimiliki sebagai seorang leader dalam menjalankan sebuah perusahaan memiliki peran penting untuk menentukan sebuah keberhasilan. Menjadi seorang leader yang jujur akan menjadi teladan bagi bawahannya. Ingat, kualitas kepemimpinan berperan besar dalam menciptakan tim yang hebat.

Selain menjadi teladan, kejujuran juga menjadi syarat mutlak bagi seorang pemimpin. Pemimpin atau leader yng jujur tidak hanya membawa diri sendiri pada kebaikan tetapi juga membawa bawahannya pada kebaikan pula. Dengan kejujuran maka tentunya mendapatkan kepercayaan dan tidak ada alasan buat karyawan untuk tidak percaya.

tim jujur

4. Jujur Menciptakan Kecepatan

Seperti yang disampaikan diatas bahwa manfaat kejujuran bagi seorang leader adalah mendapatkan kepercayaan dari tim. Maka manfaat terakhir saat kita memiliki pribadi yang jujur adalah bisa menciptakan kecepatan.

Ada istilah the speed of trust, makin anda bisa dipercaya semakin cepat action itu berjalan. Contohnya atasan anda mengatakan tolong besok kamu hadir dikantor jam 5, kalau anda tidak percaya pada atasan maka anda akan berpikir lama untuk mengiyakan info tersebut.

Kenapa? Karena dikepalanya banyak keraguan, jadi ketika anda tidak percaya kepada seseorang, kecenderungannya anda akan lambat dalam memutuskan atau lambat bekerja sama. Tapi berbeda kalau anda percaya pasti akan langsung dikerjakan dan semuanya serba cepat.

Demikian beberapa manfaat dari kejujuran yang bisa dirasakan oleh seseorang. Merupakan keindahan bila setiap individu bisa bersikap jujur kepada diri sendiri dan kepada orang lain. Dan kualitas kejujuran itu juga bisa membentukan sebuah integritas seseorang.

Apa itu integritas? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) integritas adalah mutu, semua sifat-sifat positif makhluk hidup dan keadaan yang menggambarkan satu kesatuan utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Mari kita belajar untuk menjadi orang yang jujur agar membuat diri anda lebih transparan dan apa adanya. Namun disisi lain anda juga harus menerima kejujuran orang lain terhadap diri anda walaupun itu pahit, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Recent Posts.

Exit mobile version