Site icon Top Coach Indonesia

CARA MENGHADAPI TEMAN YANG SELALU MINTA HARGA TEMAN

cara menghargai teman

Memiliki banyak teman dan kenalan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan. Karena sejatinya sebagai makluk sosial membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup ini yaitu agar bisa saling membantu dalam kesulitan.

Akan tetapi menjadi masalah jika segala sesuatu di kaitkan atas nama teman. Misalnya saja dalam membangun sebuah usaha tentu kita membutuhkan mereka untuk memberikan penilaian atau masukan selain dari pendapat keluarga .

Namun kadang tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada teman yang memanfaatkan situasi untuk mendapatkan apa yang di inginkan dari kita yaitu diskon lebih atau biasa dikenal dengan harga teman.

Ini adalah salah satu masalah yang sering muncul di kalangan para pengusaha yang sedang berusaha membangun bisnisnya. Namun tahukah Anda bahwa ada cara mengahdapi teman yang menta harga teman? Nah, berikut cara menghadapi atau merespon teman yang selalu meminta harga teman, yaitu:

1. Tidak Menjual Ke Teman

Apa arti teman bagi Anda? Dari pertanyaan tersebut tentu akan ada begitu banyak arti dan makna yang berbeda dari setiap kita yang menjawab. Mungkin ada yang menjawab bahwa memiliki banyak teman itu menyenangkan serta dapat memberikan banyak warna dalam hidup.

Atau bahkan mungkin ada yang mengartikan teman itu bagaikan angin yang tidak selamanya memberikan ketenangan dan kebahagian. Karena terkadang bisa datang tak terduga untuk menyejukkan hati atau memporak poranda lingkungan sekitar dengan angin badai.

Apapun makna dan artinya kita tetaplah makluk sosial yang saling membutuhkan. Begitupun dalam dunia bisnis pasti kita menemukan teman yang mendukung dan teman yang mau mendapat untung. Maka dari itu jika Anda seorang pengusaha perlu di ketahui bahwa memilih untuk tidak menjual produknya pada teman sendiri adalah hal yang wajar dan tepat.

Yang walaupun tidak semua teman memiliki pemikiran yang sama untuk mendapatkan harga murah. Karena masih ada banyak teman di luar sana yang berusaha membantu dengan cara minimal membeli atau menawarkan produk Anda ke rekan lainnya.

Namun satu yang perlu diingat bahwa menawarkan ke teman itu sah-sah saja selagi dalam batas wajar agar Anda tidak terkesan memaksa yang memicu mereka meminta harga teman.

2. Jangan Kasih Harga

Dimanapun Anda membuka sebuah bisnis pasti tidak terlepas dari permasalahan harga yang memegang peranan penting dalam penjualan untuk di tawarkan ke konsumen. Apa lagi jika konsumen tersebut adalah teman sendiri.

Di kutip dari wikipedia bahwa konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, maupun makluk hidup lain dan tidak untuk di perdagangkan.

Walaupun sebelumnya telah dibahas mengenai cara untuk tidak menjual kepada teman. Namun pada kenyataannya teman tetap datang dan alih-alih bertanya tentang usaha yang sedang kita rintis dan tak luput tentang harga. Jika ini yang di alami, maka butuh cara lain untuk menghindari pertanyaan tersebut dengan tidak memberikan harga.

Tentu dengan alasan yang masuk akal dan bisa di terima oleh lawan bicara Anda. Misalnya dengan mengatakan bahwa karyawan Anda yang bertanggungjawab penuh dan Anda tidak memiliki otoritas tentang harga. Dengan cara tersebut maka Anda terhindar dari teman yang meminta harga teman.

3. Boleh Empati

Pembahsan ini akan sedikit berbeda, sebelumnya pahami dulu arti empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut. Ini sangat penting dalam membangun dan menjaga hubungan antr sesama manusia.

Artinya sederhananya bahwa kita perlu tahu dan menyadari mungkin saja ada sesuatu yang mungkin membuat teman memberanikan diri untuk meminta harga khusus. Bisa saja ia sedang mengalami masalah dalam keuangan.

Karena istri atau orang terdekatnya sedang sakit dan produk kita sangat dibutuhkan saat itu juga. nah dengan Anda mendapatkan jawaban yang adil dan jujur Anda mungkin bisa memberikan sedikit keringanan.

empa

4. Edukasi Mereka

Di masa pandemi ini sangat penting mengudakasi masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan agar terhindar dari segala penyakit yang membahayakan. Edukasi adalah segala keadaan, hal, peristiwa, kejadian, atau tentang suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Nah cara mengedukasi ini juga saya terapkan ketika teman mau membeli produk saya tetapi dengan meminta harga lebih murah. Oleh karena itu, teman yang selalu meminta discount perlu di educate. Yaitu dengan memberitahu harga yang sesungguhnya dan keuntungan Anda setelah dipotong ongkos kirim.

Sebab banyak teman yang kadang hanya dengan bercanda meminta di beri diskon. jadi ketika Anda mengedukasi maka Anda akan memberikan mereka bayangan berapa besar realnya keuntungan Anda.

5. Strategi Solidaritas

Di kutip dari KOMPAS.COM bahwa solidaritas itu merujuk kepada suatu hubungan Anda antara individu dan atau kelompok yang berdasar pada moral dan kepercayaan yang dianut bersama serta pengalaman emosional bersama.

Nah, empati dan solidaritas sama-sama memiliki makna yang hampir sama yaitu membangun hubungan baik bersama teman dan atau sesama dengan cara saling berbelanja tanpa meminta diskon dan membangun komunitas bisnis yang menyenangkan.

Jadi, demikian pembahasan mengenai Cara Mengahadapi Teman yang Selalu Meminta Harga Teman. Semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

Share This, Choose Your Platform!

Exit mobile version